(23 Aug 2024 | 11:32)

NILAI PENTING SAAT MENGAJARKAN DOA PADA ANAK

    Dari lisan mungil mereka salah satu anak siswa TK berdoa “Semoga bu guru bisa ke Makkah dan ke Madinah.” Anak berikutnya juga berdoa “Semoga bu guru bisa berpuasa lagi tahun depan.” Sementara anak lainnya juga berdoa “Semoga mama dan papaku sehat,” dan masih banyak lagi doa2 mulia yang dipanjatkan anak-anak di KBTK Al Hikmah.

     Doa adalah inti dari ibadah, dengan berdoa berarti seorang hamba memohon dan meminta kepada Allah dengan harapan doa-doa tersebut akan dikabulkan sesuai harapan mmereka. Membiasakan anak untuk selalu berdoa adalah bagian dari kewajiban orang tua juga ibu guru dalam mendidik anak. Ternyata di saat mereka kecil, pembiasaan ini sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai keislaman pada diri anak.

     Dengan membiasakan anak untuk berdoa, secara langsung kita mengajarkan pada mereka bahwa manusia adalah makhluk yang sangat bergantung dan membutuhkan pertolongan serta bantuan dari dzat yang Maha Kuasa yakni Allah SWT.  Di KBTK Al Hikmah Surabaya guru selalu mengajarkan anak untuk memulai dan mengakhiri setiap kegiatan dengan berdoa. Selain itu ketika anak mengalami kesulitan atau mendengar berita ada teman atau ibu guru yang sedang sakit, mereka juga berdoa.

     Alhamdulillah dengan memiliki kebiasaan berdoa ini anak menjadi terbiasa mengingatkan orang tua atau saudara di rumah ketika akan beraktivitas seperti makan, tidur, keluar rumah, naik kendaraan, masuk toilet dan sebagainya.

     Makna penting dalam membiasakan anak untuk berdoa adalah anak menjadi tahu kapan dia harus berdoa sesuai kebutuhan dan juga bisa dengan bahasa mereka sendiri. Sehingga anak akan merasa bahwa ada Allah dimanapun mereka berada. (Hum)