(16 Aug 2024 | 12:20)

Makna Kemerdekaan Bagi Anak Usia Dini

    Saat ini bangsa dan negara Indonesia sedang memperingati HUT RI ke-79. Terhitung sejak kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. Tentu saja di sekolah-sekolah dan semua jalan baik di kota maupun di desa terpampang hiasan yang menggambarkan pesta rakyat untuk memperingati HUT RI yang diselenggarakan setahun sekali.
     Seperti halnya di KBTK Al Hikmah, guru mengajak seluruh siswa untuk menyemarakkan peringatan HUT RI dengan berbagai lomba, membuat hiasan merah putih, serta pawai merah putih.

     Dalam peringatan kemerdekaan ini sekolah punya tujuan penting yakni :

  1. Menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme.
  2. Menanamkan karakter serta wawasan kebangsaan untuk mencintai tanah airnya.
  3. Mengajarkan anak menjadi warga negara yang memiliki loyalitas dan kebanggaan pada negaranya.
  4. Menumbuhkan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai oleh para pahlawan terdahulu, agar anak dapat melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi kemerdekaan.
  5. Menghargai jerih payah dan perjuangan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan, agar anak memiliki jiwa apresiasi yang tinggi terhadap jasa dan pengorbanan seseorang terutama orang yang terdekat dengan mereka yakni orang tua.

     Yang tidak kalah penting ketika memperingati HUT RI ini para ibu guru selalu mengajarkan bahwa kesuksesan harus diraih dengan usaha dan bekerja keras. Dalam menggambarkan makna tersebut, anak-anak diajak bermain untuk menumbuhkan semangat dan melatih mereka untuk terus berusaha mencapai tujuan yang mereka inginkan.

     Selain berusaha juga diajarkan untuk selalu berdoa memohon pada Allah karena usaha tanpa berdoa adalah perbuatan sia-sia.
Allahlah tempat manusia bergantung dan meminta pertolongan, karena sifat manusia adalah lemah. Manusia tidak memiliki daya dan kekuatan melainkan kekuatan itu dari Allah.

     Al Hikmah mengajarkan nilai-nilai seperti ini dari anak berusia Kelompok Bermain hingga di jenjang Sekolah Menengah Atas. Agar anak memiliki rasa ketergantungan yang tinggi pada sang penguasa yakni Allah SWT.(Hum)