(14 May 2024 | 12:08)

Bermain Adalah Duniaku

     Bermain merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan bagi anak usia dini. Mereka menikmati setiap aktifitas baik bermain sendiri, bermain bersama atau bermain bersama orang tau. Aktifitas ini bukan hanya sekadar hiburan untuk mereka, tetapi juga merupakan cara utama di mana anak-anak usia dini mengembangkan berbagai aspek perkembangan dan bereksplorasi dengan lingkungan disekitarnya.

     Dan yang tak kalah pentingnya, melalui bermain mereka telah mengembangakan keterampilan belajar dengan menemukan pengetahuan baru melalui versi mereka. Seperti di KBTK Al Hikmah, semua aktifitas pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan bermain. Setiap anak diberikan kesempatan untuk menentukan pilihan mainnya sesuai minat mereka.

     Kegiatan bermainpun bisa dilakukan secara individu maupun kolaborasi bersama teman. Mereka berlatih untuk membuat sebuah perencanaan lalu mengelolanya dalam waktu tertentu untuk menghasilkan sebuah karya. Aktifitas ini sangat mendukung bagi kesiapan anak untuk berlatih kemandirian, problem solving dan sosialisasi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bermain sangat penting dalam dunia anak usia dini:

  • Eksplorasi

          Bermain memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi dunia di sekitar mereka. Mereka dapat mencoba dan mengalami berbagai hal baru, yang membantu mereka memahami konsep-konsep seperti ruang, waktu, dan hubungan sosial.

  • Kreatifitas

           Bermain menstimulus imajinasi dan kreatifitas anak-anak. Mereka dapat menggunakan imajinasi mereka untuk menciptakan cerita, berpura-pura menjadi karakter yang berbeda, dan mengeksplorasi ide-ide baru.

  • Pengembangan aspek perkembangan

            Bermain dapat membantu dalam optimalisasi tugas perkembangan, mulai dari perkemabangan  motorik kasar dan halus anak-anak, kognitif, sosial emosi, bahasa, sains dan seni.

  • Pembelajaran

          Bermain adalah cara alami bagi anak-anak untuk belajar. Melalui bermain, mereka dapat menemukan pengetahuan-pengetahuan baru dengan cara mereka sendiri.

  • Kemandirian

           Bermain memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menjadi mandiri dan mengembangkan rasa percaya diri. Mereka belajar menyelesaikan masalah sendiri, mengambil keputusan, dan mengatasi tantangan.

       Oleh karena itu, bermain bukan hanya aktifitas menyenangkan bagi anak usia dini, tetapi juga merupakan cara yang penting bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang secara holistik. (Rul)