(03 May 2024 | 13:57)

Mengapa Harus Bermain Pasir ???

Bermain pasir ???? Siapa takuuuttt….

     Salah satu kebutuhan setiap anak usia dini yaitu eksplorasi lingkungan. Kebutuhan eksplorasi lingkungan ini dapat berbagai bentuk, salah satunya bermain pasir. Fitrahnya, anak akan senang bermain dengan alam. Salah satunya dengan pasir. Mereka akan enjoy saat diberi kebebasan bermain pasir.

     Dalam proses bermain dan belajar di KBTK Al Hikmah. Setiap siswa mendapat kesempatan untuk bermain pasir di Sudut Pasir. Mereka bebas bereksplorasi sesuai dengan imajinasi mereka. Kesempatan bermain pasir ini dilakukan saat aktifitas pagi sebelum melakukan kegiatan di kelas (program semangat sehat).

     Lalu,apa saja manfaat yang didapat anak saat bermain pasir ??

  1. Melatih Kemampuan Sensorik
    Saat bermain pasir, anak akan terlatih dengan indera perabanya. Selama bermain pasir, anak akan memegang pasir dan membentuk sesuatu dengan pasir. Bermain sensori sangat penting bagi anak agar indera peraba anak terstimulus optimal. mendapatkan pengalaman baru sehingga anak akan mudah beradaptasi.
     
  2. Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak.
    Bermain pasir akan melatih koordinasi tubuh Ananda. Mulai saat anak mengaduk, mengambil, menggenggam pasir hal ini membutuhkan keterampilan motorik halus anak sehingga akan terstimulus dengan baik. Selain itu anak akan berdiri, jongkok, memindahkan pasir dari satu wadah ke wadah lainnya, mengangkat pasir dalam wadah  akan melatih motorik kasar Ananda. Otot-otot anak akan terlatih dengan optimal.
     
  3. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak.
    Saat bermain pasir, anak berusaha membuat suatu bentuk dari pasir. Baik itu menggunakan media alat atau tanpa alat. Anak akan membuat istana, rumah, mencetak mobil-mobilan, dan sebagainya. Hal ini nampak sederhana namun sangat besar dampaknya dengan perkembangan kognitif anak. Mereka akan berimajinasi, berkreasi hingga dapat melatih fokus saat membuat bentuk yang mereka inginkan. Selain itu mereka akan berpikir bagaimana caranya agar pasir yang mereka bentuk tidak mudah hancur, atau memikirkan alat apa yang bisa mereka gunakan.
     
  4. Meningkatkan Imunitas Anak.
    Berani Kotor Itu Baik ! ayah bunda tentu tidak asing dengan tagline ini. Dan nyatanya, dengan berpengalaman eksplorasi di lingkungan terbuka, akan membantu tubuh anak untuk tidak mudah rentan terhadap penyakit. Hal ini dapat terjadi karena sistem imun tubuh anak akan beradaptasi saat anak bemain di lingkungan. Namun ayah bunda perlu mengarahkan untuk mencuci tangan dan kaki usai bermain pasir ya.

     Ayah bunda, dengan memahami beberapa manfaat bermain pasir. Maka penting kiranya untuk mengagendakan bermain pasir bersama Ananda. Ananda bisa bermain pasir di halaman, playground atau bahkan bermain pasir di pantai terdekat. Wah… Pasti Seru ! (Pra)