Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

SEHAT…CERDAS…CERIA…

Pramuka Prasiaga KBTK Al Hikmah Surabaya

SEHAT…CERDAS…CERIA…

     Kamis yang cerah mengantar semangat para siswa untuk berbaris di Taman Pelangi, para siswa antusias mengikuti arahan ibu guru. Kali ini mereka memakai hasduk pramuka di lehernya. Aksesoris yang digunakan merupakan tanda bahwa siswa-siswi TK B sedang melaksanakan pramuka prasiaga. Ya…. Pramuka prasiaga telah dicanangkan di TK Al Hikmah Surabaya. Sehat...Cerdas...Ceria.... begitulah Ekadharma prasiaga. Kegiatan pramuka prasiaga ini merupakan kali kedua dilakukan. Di bulan Agustus 2022, bertepatan dengan hari lahir Pramuka dan hari kemerdekaan Indonesia, kegiatan Pramuka prasiaga di KBTK Al Hikmah Surabaya diresmikan oleh ibu kepala KBTK Al Hikmah Surabaya.

     Pramuka prasiaga bertujuan untuk menumbuhkan rasa semangat, daya juang dan cinta tanah air. Seluruh siswa nampak bersemangat mengikuti serangkaian kegiatan pramuka prasiaga pagi ini.  Setiap kelas dibedakan menjadi beberapa manggar. Kegiatan prasiaga tidak hanya sekedar mengenalkan pramuka prasiaga, yang tidak kalah penting yakni membentuk kecakapan life skill dan kemandirian pada siswa. Kegiatan pramuka prasiaga kali ini dimulai dengan

berdoa, kemudian upacara dan sesi yang menyenangkan yaitu senam sehat ceria bersama agar tubuh sehat dan bugar.

     Kegiatan life skill yang dilakukan para siswa berupa mengancingkan baju dan memakai kaos kaki sendiri. Seluruh siswa bersemangat saat mengenakan pakaian dan mengancingkannya. Bagi siswa yang belum optimal dalam memakai dan mengancingkan pakaian, kegiatan ini merupakan motivasi bagi siswa tersebut agar berusaha menggunakan pakaian secara mandiri. Begitu juga dengan menggunakan kaos kaki.

     Tantangan yang dihadapi siswa dengan kegiatan life skill ini tidak hanya menggunakan pakaian dan kaos kaki, tetapi juga mengenali barang miliknya (pakaian dan kaos kaki). Karena setiap siswa diarahkan untuk mengambil pakaian dan kaos kakinya sendiri. Dengan demikian kegiatan ini sangat bagus untuk melatih kemandirian dan daya juang setiap siswa.

     Program pramuka prasiaga ini dijadwalkan setiap 1 bulan 1 kali dengan ragam kegiatan yang berbeda. Sehingga siswa akan selalu antusias dan gembira dalam mengikuti pramuka prasiaga.