Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

Membuat Snack Dari Kedelai

13 February 2020 12:02:07, by Administrator

Proyek Tema Kedelai Tanaman Kaya Manfaat Ciptaan Allah

Tema Kedelai Tanaman Kaya Manfaat sudah selesai disampaikan kepada siswa KB TK Al Hikmah Surabaya. Waktunya siswa mempraktekkan bagaimana cara mengolah tanaman kedelai menjadi snack atau makanan sehat yang bisa dimakan  atau diminum anak-anak.  Kali ini, siswa Kelompok Bermain membuat puding sedot (pudot) dan tahu-tempe krispy.  Menarikkan..

Pertama, siswa dipersilahkan duduk dulu untuk mendengarkan penjelasan Bu Shofie Ariani, wali kelas Kelompok Bermain, tentang alat-alat dan bahan-bahan yang akan digunakan memasak nanti. Alat masaknya ada: telenan, pisau plastik, panci, wajan, kompor dan lain-lain. Dan bahan yang akan dijadikan olahan masakan kedelai ada: tahu, tempe, tepung krispy, telur, garam, susu kedelai, bubuk puding dan lain-lain.Setelah dijelaskan, barulah siswa memulai aksinya yaitu membuat puding susu kedelai sedot. Susu kedelai ditumpahkan ke dalam panci, kemudian bubuk puding dimasukkan.  Siswa secara bergantian mengaduk adonan puding yang dimasukkan ke susu kedelai.  Kemudian 3 orang siswa membawa panci adonan puding keluar kelas untuk dimasak, yang akan dibantu bu guru ketika memasaknya. Panci pun diletakkan di atas kompor.  Siswa bergantian mengaduk sampai adonan matang.  Tentunya dengan bantuan dan pengawasan Bu Guru, agar semua aman.  Setelah matang, adonan puding didinginkan sampai uapnya menghilang, barulah setelah itu dimasukkan dalam kemasan. Siap dibawa pulang.

Selesai membuat puding sedot, siswa diajak memotong-motong tahu dan tempe. Kemudian tahu dan tempe yang sudah dipotong-potong, dimasukkan dalam kotak makan bertutup, yang didalamnya sudah ada tepung bumbu krispy.  "Dikocok-kocok ya..", kata Bu Shofie mengajarkan.  Siswa pun menggoyang-goyangkannya. "Selesai... tahu dan tempe siap digoreng..", kata Bu Shofie lagi. Siswa pun diajak keluar kelas kembali untuk menggoreng tahu dan tempe yang sudah dibalur tepung bumbu krispy. Sreeeng.... tahu dan tempe dimasukkan dalam penggorengan.  "Hhhmmm... enak baunya Bu Guru...", kata seorang siswa. "Nanti kalau sudah matang... kita coba rasanya ya..!!", jawab bu guru memotivasi.  

Dalam waktu 1 jam, semua olahan kedelai sudah selesai dimasak.  Waktunya anak-anak mencicipi hasil karyanya. Tahu dan tempe krispy pun dihidangkan untuk dimakan bersama-sama. "Enak Bu Guru...", kata Zahel sambil mengacungkan jempolnya.  Habis makan, karena sudah waktunya pulang, siswa diajak untuk bersiap-siap pulang dan berdoa. Di pintu keluar, ada puding susu kedelai sedot  yang sudah menunggu untuk dibawa pulang.  Senengnya.. hari itu siswa bisa membawa puding dot hasil karyanya.  Alhamdulillah..

 

Berita Terkait
Link Terkait