Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

"Labbaika Allahumma labbaik.. Ya Allah.. Kami datang memenuhi panggilanMu..".

11 September 2019 11:03:03, by Administrator

Manasik Haji Cilik 1440H

Gema talbiyah terdengar lagi di TK Al Hikmah. Ya.. Talbiyah ini terdengar karena siswa TK Al Hikmah sedang melakukan kegiatan manasik haji cilik TA. 2019-20120.  Kegiatan manasik haji ini hanya diadakan dua tahun sekali, dan tahun ini kegiatan ini alhamdulillah bisa terlaksana lagi.

Sabtu, 7 September 2019 terlihat siswa TK Al Hikmah masuk ke sekolah dengan menggunakan baju ihrom.  Sampai di sekolah siswa langsung masuk kelas untuk menunggu jamaah yang lainnya (teman-temannya)  berkumpul.  Sambil menunggu yang lain, siswa dipersilahkan untuk melakukan sesi photo booth di koridor sekolah.  Jam 07.15 WIB bel berbunyi.  Tanda kegiatan manasik cilik akan dimulai. Kegiatan dimulai dengan membaca doa akan belajar.  Dilanjutkan dengan membaca niat haji, miqod di kelas. Kemudian siswa TK B dikumpulkan di galery  UKS untuk mengikuti acara pelepasan jamaah haji cilik oleh Kepala Sekolah TK Al Hikmah, Ibu Noor Iz Zumara S.Psi.  Selanjutnya jamaah haji cilik dipersilahkan berangkat menuju tempat prosesi  haji yang bertempat di lapangan SD Al Hikmah dengan menggunakan kereta kelinci yang pura-puranya menjadi pesawat terbang.  Jamaah haji cilik ada yang dari Pakistan, Italia, Indonesia dan negara lainnya.  Seneng deh naik kereta kelinci..  Selesai memberangkatkan jamaah haji dari TK B, selanjutnya TK A juga diberangkatkan untuk menuju tempat prosesi.

Sesampai ditempat prosesi manasik haji, siswa langsung melakukan kegiatan Wukuf di Arofah.  Dibawah tenda-tenda besar yang terpasang dilapangan, siswa membaca Istighfar dan tasbih dengan khusuk. Selanjut siswa melakukan kegiatan ibadah rukun haji yang lainnya.  Mengambil kerikil di Muzdalifah, melempar jumroh di Mina, wukuf di depan Ka'bah, meminum air zam-zam, Sa'i dari bukit Shofa ke bukit Marwah dan terakhir Tahallul. Selesai sudah rangkaian manasik haji cilik TK Al Hikmah, ditutup dengan kegiatan Tahallul.  Ada senyum kegembiraan ketika siswa dipotong sedikit rambutnya oleh Bu Guru. "Selamat ya... kalian sudah menjadi haji cilik sekarang..", kata Bu Chodidjah kepada siswa B2.  Alhamdulillah... semoga kelak, kita semua, keluarga besar KB TK Al Hikmah, Allah beri kesempatan dan kemampuan untuk beribadah haji dan umroh ke baitullah di Mekkah dan Madinah.  Aamiin ya robbal'aalamiin.

Berita Terkait
Link Terkait