Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

Kehebohan di Tema Ikan

25 January 2019 13:59:28, by Administrator

Proyek Tema "Keanekaragaman Ikan di Laut Nusantara"

Kamis (24/1/19), Siswa KB TK Al Hikmah disambut dengan berbagai bentuk hiasan binatang laut yang ada di teras sekolah. Blink.. blink. blink.. Mata anak-anak memancarkan kebahagiaan. Ya.. hari itu KB TK Al Hikmah sedang melakukan kegiatan proyek tema di tema "Keanekaragaman Ikan di Laut Nusantara".  

Tiga minggu sebelumnya, siswa sudah diajarkan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan ikan.  Bentuk ikan, bagian-bagian tubuh ikan, tempat hidup ikan, macam-macam ikan, makanan ikan dan lain sebagainya.  Di sentra-sentra juga diajarkan sesuai dengan tema yang diangkat saat itu, misalnya: di sentra balok, siswa membangun kolam ikan, pasar ikan dan warung masakan ikan.  Di sentra bahan alam, siswa meneliti  anatomi ikan  dengan menggunakan kaca pembesar.  Di sentra main peran siswa bermain peran sebagai penjual ikan dan pembeli ikan. Begitu juga di sentra yang lainnya, semua berhubungan dengan ikan. Dan Kamis kemarin.. tibalah saatnya proyek tema.  Dimana ada pameran ikan, mencicipi masakan olahan ikan, memancing ikan dengan serok dan menghias papan ikan.

Siswa bisa melihat berbagai macam jenis ikan di arena pameran.  Ikan-ikan itu, teman mereka yang membawanya. Kemudian dikumpulkan di sekolah untuk dipamerkan.  Ada ikan koki, ikan cupang, ikan sapu-sapu, ikan lele, ikan lohan dan lain sebagainya.  Siswa bisa membandingkan perbedaan ikan yang satu dengan yang lainnya, baik dari segi warna mau pun bentuk. Ada satu celetuk lucu dari seorang siswa TK yang sudah bisa membaca, "Bu.. ini ada ikan Zaza..!!", teriaknya setelah membaca tulisan yang tertempel di aquarium. "Itu bukan ikan Zaza sayang.. itu namanya ikan Layar.  Yang membawanya Zaza dari kelas A1", jelas bu guru. Siswa itu pun mengangguk sambil tersenyum lucu.  Di Arena Olahan masakan ikan, siswa bisa mencicipi berbagai macam olahan ikan.  Ada Mpek-mpek Palembang, steamboat bakso ikan, pepes ikan, ikan goreng, otak-otak ikan dan lain-lain.  Siswa mengambil piring kertas dan garpu plastik, kemudian mengambil makanan yang mereka sukai. Ada satu olahan ikan yang mungkin jarang dimakan siswa, yaitu sushimi ikan salmon (setengah matang). Lucu melihat ekspresi siswa yang mencobanya. Dia mencobanya tanpa menambahkan kecap asin, jadi rasanya original.  Setelah guru menambahkan kecap asin, barulah siswa tersebut semangat memakannya. Teman-teman yang disampingnya juga jadi  berebut ingin mencoba.  Di arena kolase, siswa bisa menghias papan berbentuk berbagai macam hewan laut.  Ada yang berbentuk gurita, ikan, bintang laut dan rumput laut.  Siswa menghiasnya dengan potongan sedotan, guntingan kertas atau dengan batu-batu kecil.  Mengerjakannya bersama teman-teman sekelasnya.  Di arena memancing, koordinator kegiatan sudah menyiapkan bak besar dan ember kecil-kecil yang diisi dengan ikan-ikan kecil.  Siswa diizinkan untuk mengambil ikan itu dengan menggunakan serok kecil.  Masing-masing siswa boleh mengambil 2 ekor untuk dibawa pulang.

Alhamdulillah... Allah izinkan kami semua untuk bersenang-senang hari itu. Pengalaman dan pengetahuan siswa bertambah.  Dan mereka bisa menceritakan kegiatan di sekolahnya kepada ayah bundanya di rumah.  Semoga acara ini bisa diagendakan lagi di tahun-tahun berikutnya. Aamiin..

 

Berita Terkait
Link Terkait