Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

Fun Trip Jejak Pejuang

13 November 2019 16:12:12, by Administrator

Proyek Tema Rasulullah Pahlawan Yang Pemberani

Hari ini (13/11) Siswa KB TK Al Hikmah melakukan perjalanan ke Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya. Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat anak dalam meneladani sifat Rasulullah yang berani, mengenalkan semangat juang para pahlawan dalam meneladani sifat mulia Nabi Muhammad SAW, mengenalkan salah satu tempat bersejarah yang ada di Surabaya dan menumbuhkan rasa cinta kepada pahlawan Indonesia.

Berangkat jam 07.30 WIB dari sekolah. Jam 08.30 sampai lokasi, siswa langsung di ajak istirahat makan snack dulu.  Setelah itu siswa Kelompok Bermain di ajak bermain di lapangan rumput, di depan Tugu Pahlawan. Alhamdulillah cuaca mendukung, udara sejuk dengan mendung menggantung di atas Tugu Pahlawan,  jadi siswa bisa bermain dengan nyaman.  Sementara siswa TK A dan B diajak menuju museum 10 November untuk melihat benda-benda bersejarah yang digunakan dulu saat perang melawan penjajah.  Ada senapan, helm, tongkat, radio, tangki oli dan lain-lain.  Siswa juga bisa mendengarkan suara presiden pertama Indonesia Bapak Ir. Soekarno yang membacakan proklamasi kemerdekaan.  Ada juga film tentang design tugu pahlawan. Ternyata dulu ada berbagai design tugu pahlawan. Ada yang ujungnya berbentuk burung dan ada pula yang seperti pena.  Untuk lebih menghayati perjuangan dulu, siswa juga bisa melihat deorama di sebuah ruangan gelap, yang didalamnya terdapat pigura yang berisi miniatur orang, gedung, dan latar belakang saat peperangan terjadi, sambil mendengarkan rekaman suara yang menceritakan tentang isi pigura itu.  Menyenangkan.. bertambah lagi pengalaman siswa KB TK Al Hikmah.

Banyak celoteh anak ketika masuk ke dalam museum 10 November.  Salah satunya celoteh  Kenzie kelas A1 ketika melihat patung pahlawan yang gugur yang ada ditengah museum. "Siapa itu..??", tanya Kenzie kepada Bu Heni. "Itu para pahlawan pejuang di Surabaya.. ". "Kenapa itu kok gitu (patung tidur sambil menunjuk)..??", tanya Kenzie lagi. "Itu karena mereka tertembak penjajah ..", jawab Bu Heni lagi. "Penjajah itu orang jahat ya Bu..??", tanya Kenzie lebih dalam lagi.  "Iya... mereka ingin merebut kota Surabaya, padahal Surabaya punya kita kan Kenzie..??", jelas Bu Heni lagi.  "Iyaaa...", sahut Kenzie dengan semangat rasa memiliki kota ini.

Selesai berkeliling dalam museum, siswa keluar untuk menikmati pemandangan yang ada di luar museum sekaligus foto sekelas. Kemudian siswa diajak untuk kembali ke sekolah.  Alhamdulillah agenda hari ini dapat berjalan sesuai rencana dan lancar.  Semoga rasa cinta pada negara ini semakin besar tumbuh pada diri dan hati siswa KB TK Al Hikmah.  Aamiin ya robbal'aalamiin..

Berita Terkait
Link Terkait