Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

DARING KUATKAN BONDING

Parenting dalam Webinar Nasional

DARING KUATKAN BONDING

        Masa pandemi sudah sembilan bulan kita lalui dengan penuh perjuangan. Siapapun pasti merasakan suka duka di masa pandemi. Para guru harus berjibaku untuk tetap menyelenggarakan pembelajaran dari jarak jauh.  Namun tak bisa dipungkiri para orang tua tentu berupaya keras agar putra-putrinya tetap semangat belajar dari rumah. Walaupun mereka sibuk bekerja, tak menghalangi untuk tetap bisa mendampingi putra-putrinya.

         Rutinitas daring seperti ini menimbulkan banyak efek, baik pada anak maupun orang tua. Salah satunya adalah hubungan antara orang tua dan anak.  Untuk itu KBTK Al Hikmah Surabaya berinisiatif untuk melakukan sharing kepada semua lapisan masyarakat tentang pentingnya bonding orang tua dan anak. KBTK Al Hikmah dengan bangga mengadakan “Webinar Nasional” yang  mengangkat tema "Daring Kuatkan Bonding".  Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 12 Desember 2020 via Zoom Meeting.  Acara perdana berskala nasional ini mampu menghadirkan 210 peserta yang berasal dari seluruh penjuru tanah air. Beberapa kota asal peserta diantaranya dari Surabaya, Sidoarjo, Bondowoso, Tangerang, Jakarta, Banyuwangi, Kalimantan dan peserta terjauh adalah dari Timika, Papua.  Beliau datang di awal waktu dengan penuh semangat.

         Untuk menambah keberkahan, acara ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh salah satu siswa, yaitu ananda Muhammad Alfatih Daanish Albara dari kelas B-4. Acara dilanjutkan dengan sambutan  Kepala KBTK Al Hikmah, Ibu Noor Iz Zumara, S.Psi. Pada acara ini, terdapat sesi penyematan pin Bintang Akhlaq Islami Keluarga oleh orang tua kepada ananda tercinta. Pin ini sebagai reward atas semangat anak-anak dalam menjaga dan menunjukkan akhlaq Islami selama masa pandemi Terlihat senyuman yang indah saat pin disematkan kepada mereka. Sebuah pin yang  bertuliskan akhlaq terpuji diantaranya sabar, mandiri, peduli, dan penyayang. Semoga  akhlaq terpuji ini terpatri pada mereka hingga dewasa nanti.

        Sebagai narasumber webinar ini  Ustadz  Drs. Miftahul Jinan, M.Pd.I, beliau merupakan trainer nasional di bidang parenting.  Narasumber membuka dengan sebuah kisah yang membuat semua peserta tersadar tentang pentingnya menumbuhkan bonding  antara anak dan orang tua. Kedekatan, perhatian dan kepedulian orang tua pada anak yang dibangun saat ini kelak akan  diingat oleh anak hingga ia tumbuh dewasa. Disampaikan pula  tips bagaimana mendampingi anak yang ideal saat daring agar anak merasa nyaman. Tujuan disampaikan materi ini adalah agar momen daring menjadi momen untuk menguatkan kedekatan antara orang tua dengan anak, dan tidak lagi orang tua merasa spaneng atau stress dengan menjadi guru di rumah.

        Antusiasme para peserta sangat besar terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, baik melalui link Slido ataupun di kolom chat. Sebagian besar pertanyaan terjawab dan peserta merasa puas dengan jawaban yang disampaikan narasumber. 

        Setelah materi webinar usai, peserta diajak untuk masuk dalam sesi breakout room . Dalam sesi breakout room  panitia membagi pada tiga ruang. Ruang pertama beranggotakan wali kelas, guru dan orang tua siswa KBTK Al Hikmah. Hal yang dibahas  pada room ini adalah perkembangan siswa selama semester satu. Orang tua dipersilahkan untuk menyampaikan semua uneg-uneg dan sharing bersama antar wali murid demi tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.

      Pada ruang kedua terdiri dari calon walimurid KBTK Al Hikmah 2021-2022. Pada room ini disampaikan pengumuman penerimaan murid baru dan sharing seputar pembelajaran di KBTK Al Hikmah. Di ruang ketiga, berisikan guru, kepala sekolah dan peserta umum yang asyik berdiskusi seputar dunia pendidkan dan sharing pengalaman selama berkecimpung di dunia pendidikan. Kegiatan di dalam breakout room tidak kalah seru, semua peserta antusias berdiskusi dan menyampaikan pertanyaan. Alhamdulillah, atas rahmat Allah webinar nasional KBTK Al Hikmah berjalan lancar.

 Bagi ayah bunda yang terlewatkan kegiatan webinar Daring Kuatkan Bonding, bisa menyimak acara webinar tersebut  di https://www.facebook.com/100007379294674/videos/2749552061967410/. Semoga apa yang telah kami upayakan ini bermanfaat dan bisa menjadi insight selama mendampingi anak belajar daring dimasa pandemi.(HR)