Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

"Belajar Masak Yuk...!!"

31 October 2018 09:32:57, by Administrator

Tema "Makanan Sehat dan Halal Rezeki Dari Allah"

Di tema  "Makanan Sehat dan Halal Rezeki Dari Allah", siswa Kelompok Bermain belajar membuat sop sayur dan ayam.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan berbagai jenis sayuran sehat, melatih motorik halus siswa dengan memotong sayuran, mengenalkan alat masak, memperlihatkan pada siswa bagaimana cara memasak dan juga melatih siswa untuk mau mencicipi makanan yang mereka buat.

Guru Kelompok Bermain menyiapkan sayur buncis, wortel, jagung, bunga kol, ayam dan bumbu sop untuk membuat sop sayur dan ayam.  Pertama-tama, siswa dikenalkan berbagai nama sayuran lalu siswa diajak untuk memotong sayuran yang sudah dipotong kecil oleh bu guru untuk dipotong lebih kecil lagi oleh siswa.  Memotongnya tentulah menggunakan pisau plastik agar aman.  Ada yang memotong sayurnya dengan tegas dan ada pula yang dengan takut-takut. "Ini butir jagungnya dilepas pake jari jempol yaa...!", kata Bu Lia ketika mengajarkan siswa untuk memipil jagung. "Ayo ditekan yang kuat motongnya ya..", kata Bu Shofie mengajarkan siswa cara memotong sayuran.  Setelah semua selesai dipotong kecil-kecil, barulah semua bahan dimasukkan ke dalam air yang sudah dipanaskan dan diberi bumbu.  Guru membantu dengan memegang tangan siswa, agar aman ketika memasukkan bahan sop secara bergantian.  Alhamdulillah semua tertib dan aman.  Sehingga semua siswa bisa merasakan kegiatan memasak.

Kurang lebih 20 menit sop sayur dan ayam siap untuk dihidangkan.  Bu Guru memasukkan sop ke dalam piring lalu dibagikan kepada siswa. "Teman-teman... sop yang kita bikin sudah jadi loo..", kata Bu Shofie.  "Baunya harum Bu..!", celetuk siswa-siswa. Wah.. senangnya, hari itu siswa memakan hasil olahan mereka sendiri. "Enak Bu...", kata mereka ketika makan.  

Alhamdulillah.. siswa bisa mengenal makanan sehat dan halal yang merupakan rezeki dari Allah.

Berita Terkait
Link Terkait