Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 0318290140

BAKTI SOSIAL UNTUK PALESTINA

03 November 2020 12:24:03, by Administrator

Menumbuhkan Rasa Empati Dan Kepedulian Siswa

 

Sudah puluhan tahun, blokade Israel membelenggu kebebasan warga Palestina, sejak itu pula berbagai permasalahan muncul di negara tersebut.  Permasalahan yang muncul mulai dari kemiskinan, kelaparan, kesehatan, hingga masalah pendidikan. Dengan adanya konflik yang dihadapi negara Palestina, KBTK Al Hikmah Surabaya berempati dan berinisiatif untuk menyalurkan infaq siswa yang dikumpulkan selama proses pembelajaran. Sebelum proses belajar berlangsung, kegiatan rutin yang dilakukan siswa adalah berinfaq. Sebelum pandemi terjadi, infaq dilakukan di kelas dan diakumulasikan setiap tahunnya untuk diberikan kepada pihak yang berhak menerima infaq tersebut. Sedangkan proses pengumpulan infaq dimasa  pandemi, dilakukan di rumah masing-masing siswa, kemudian siswa mengumpulkan ke sekolah secara bergantian atau via transfer.

Penyaluran infaq siswa pada tahun ini bertepatan dengan Bulan Cinta Rasul, KBTK Al Hkmah Surabaya bekerja sama dengan tim Aksi Cepat Tanggap dalam menyalurkan infaq tersebut. Kegiatan bakti sosial bersama tim Aksi Cepat Tanggap berlangsung selama dua hari, yakni  Senin, 02 November 2020 dan Selasa, 03 November 2020. Kegiatan bakti sosial dilakukan via zoom, kegiatan ini diawali dengan salam pagi, siswa mendengarkan sholawat dan lagu tentang Rasulullah karena masih dalam suasana Bulan Cinta Rasulullah.

Sebagai pembuka acara, ibu kepala sekolah KBTK Al Hikmah Surabaya,  Ibu Noor Iz Zumara memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau  menyampaikan rasa syukur kepada Allah dan ucapan terima kasih kepada siswa yang selalu mengumpulkan infaq selama proses belajar mengajar dan tidak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada wali murid yang mendukung kegatan bakti sosial ini dengan memberikan donasi terbaiknya, acara dilanjutkan dengan pemberian donasi secara simbolis kepada tim Aksi Cepat Tanggap yang membantu menyalurkan infaq siswa kepada Palestina.

Dalam acara ini, siswa diajak menyaksikan kondisi Palestina yang dikemas dalam sebuah video. Kondisi tersebut meliputi pendidikan, tempat tinggal dan kemiskinan yang dialami negara Palestina saat ini. Dan telah bergabung dengan kami tim Aksi Cepat Tanggap Jakarta yaitu Kak Said Mukaffiy yang menjelaskan secara langsung tentang pengalaman beliau saat terjun langsung di Palestina. Setelah menyaksikan video kondisi Palestina,  siswa di beri kesempatan bertanya secara langsung. Berbagai pertanyaan muncul dari siswa, pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari siswa yaitu “Pak kenapa rumah mereka di robohkan ? Kan kasihan tidak punya rumah, nanti tidurnya di mana ? makannya bagaimana ? terus apa anak-anak di Palestina tidak sekolah seperti kita ? tidak bisa bermain seperti kita ?” dan berbagai pertanyaan lainnya muncul. Para siswa juga menanggapi video yang mereka lihat, dan direspon langsung oleh kak Said .

Kegiatan bakti sosial seperti ini dapat mengasah rasa empati dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, selain itu siswa belajar dermawan seperti yang dicontohkan Rasulullah. Semoga infaq siswa dan para orangtua di terima Allah, bermanfaat dan berkah bagi negara Palestina.(fiyTa)

 

Berita Terkait
Link Terkait